Cara setting Whatsapp supaya tidak download foto dan video otomatis

Halo sobat total, kali ini penulis akan membagikan informasi cara setting whatsapp supaya foto dan video di grup WA tidak otomatis tersimpan di handphone kita. Kenapa penting? Bagi kamu yang datang ke halaman ini dari google search, dipastikan anda mempunyai alasan yang sama dengan yang penulis alami.

Alasannya kenapa perlu mematikan fitur otomatis download di aplikasi whatsapp :

  1. Handphone Out of memory. Ya, ruang penyimpanan handphone anda akan sangat cepat kesedot dan ditempati oleh foto foto, video aneh, video lucu dan video serta foto gak penting yang biasanya di share di grup WA. Apalagi jika ada foto dan video tak seronoh yang terpendam di handphone kita tanpa sepengetahuan kita, dan terlihat oleh anak atau keponakan kita ???

Jadi lebih baik, kita pilih sendiri mana foto atau video yang akan disimpan dan mana yang tidak. Cukup donk video itu hanya sekali saja dilihat dan diamankan dari jangkauan anak anak.

 

  1. Alasan kedua, pastinya kuota internet cepat kering.

Apakah anda merasa makin banyaknya grup whatsapp yang anda ikuti semakin cepat pula kuota internet anda habis. Biasanya  100ribu cukup untuk sebulan ini 2 minggu saja sudah habis. Why?

Ya karena tanpa sepengetahuan anda, kuota internet anda tersedot oleh foto dan video dari Grup Whastapp yang anda ikuti.

 

Rata rata video yang disharing di Grup WA sebesar 7 MB

Mari kita berhitung :

Kuota 100rb mendapat 3 GB

3 GB = 3000 MB

100rb / 3000 MB = Rp. 33.33/MB

1 Video 7 MB x Rp. 33.33 = Rp. 233/ Video

 

Bayangkan jika sehari ada 10 video saja, anda sudah menghabiskan Rp 2.330 / Hari

Coba anda kalikan 1 bulan? Lumayan bukan? Pengeluaran yang seharusnya bisa dihemat.

 

Maka dengan itu, penulis membagikan cara setting applikasi Whatsapp supaya hemat kuota internet anda. Walaupun caranya sangat gampang dan sederhana, tapi belum tentu anda menyadari akan hitungan diatas.

Berikut Langkah Penggaturannya :

  1. Buka aplikasi whatsapp melalui smarthphone anda.

2. Lalu pilih klik tombol menu pada bagian kanan atas (tiga titik menurun).

3. Kemudian klik “settings”

4. Lalu pilih menu “Data Usage” pada menu setting.

5. Pada bagian “Media auto-download akan terlihat semua pilihan masih menunjukan “All media” dimana semua media yang masuk akan terunduh secara otomatis.

6. Cara mengubahnya adalah klik pada bagian “When using mobile data”.Lalu klik satu persatu media yang hendak anda matikan auto downloadnya.

7. Lakukan langkah yang sama pada bagian “When connected on Wi-Fi” dan “When roaming”.

Setelah itu keluar dari menu setting dan selamat menggunakan whatsapp tanpa harus takut kehabisan kuota.

Sekian cara untuk menonaktifkan fitur auto download file pada aplikasi whatsapp messenger yang dapat kami rangkum untuk anda, semoga berguna bagi anda semua dan jangan lupa untuk share kepada teman – temanmu yang belum mengetahuinya.

Untuk Informasi Seputar Penyewaan IT, Gadget dan Audio Visual Equipment, segera hubungi kami di www.totalrental.co.id atau anda dapat menghubungi Account Manager kami di 021 – 5630132, 081287888392, 081382777396.

Leave a Reply